Apa Itu Reseptor Dalam Biologi

Reseptor adalah molekul protein yang berfungsi untuk menerima rangsangan dari lingkungan internal atau eksternal sel. Rangsangan tersebut dapat berupa rangsangan kimia, fisik, atau mekanis.

Reseptor memiliki fungsi utama untuk menerjemahkan rangsangan menjadi sinyal yang dapat dipahami oleh sel. Sinyal ini kemudian akan diproses oleh sel untuk menghasilkan respons yang sesuai.

Reseptor dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai kriteria, antara lain:

Reseptor bekerja dengan cara berikatan dengan rangsangan spesifik. Ikatan antara reseptor dan rangsangan ini disebut kompleks reseptor-ligan. Kompleks reseptor-ligan kemudian akan menghasilkan respons yang sesuai.

Respons yang dihasilkan oleh reseptor dapat berupa:

Reseptor memiliki peran penting dalam berbagai proses fisiologis, antara lain:

Reseptor juga memiliki peran penting dalam farmakologi. Obat-obatan bekerja dengan cara berikatan dengan reseptor spesifik. Ikatan antara obat dan reseptor ini akan menghasilkan respons yang diinginkan.

Obat-obatan dapat diklasifikasikan berdasarkan reseptor yang ditujunya. Misalnya, hormon adalah obat yang bekerja dengan cara berikatan dengan reseptor hormon.

Reseptor adalah molekul protein yang berfungsi untuk menerima rangsangan dari lingkungan internal atau eksternal sel. Reseptor memiliki peran penting dalam berbagai proses fisiologis, antara lain pengaturan fungsi sel, respons terhadap lingkungan, dan penyelarasan fungsi antar sel.

Apa Itu Reseptor Dalam Biologi video

Apa Itu Reseptor Dalam Biologi

Baca Juga  Apa Itu Film Biografi

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *