Berita Apa Itu Hak Retensi Advokat Terbaru

Apa Itu Hak Retensi Advokat

Hak retensi advokat adalah hak dari advokat untuk menahan kepunyaan kliennya yang ada padanya sampai klien tersebut memenuhi kewajibannya, yaitu membayar jasa hukum yang telah diberikan oleh advokat. Hak retensi ini diatur dalam Pasal 1812 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).

Dasar hukum hak retensi advokat adalah Pasal 1812 KUHPerdata yang berbunyi:

Syarat hak retensi advokat adalah:

  • Adanya pemberian kuasa dari klien kepada advokat.
  • Adanya kewajiban klien kepada advokat, yaitu membayar jasa hukum.
  • Advokat telah melakukan upaya penagihan kepada klien, tetapi tidak berhasil.

Objek hak retensi advokat adalah kepunyaan klien yang ada pada advokat. Kepunyaan klien ini dapat berupa benda bergerak, benda tidak bergerak, atau hak atas benda.

Batas waktu hak retensi advokat adalah 6 (enam) bulan sejak tanggal surat penagihan terakhir dikirimkan kepada klien. Jika dalam jangka waktu tersebut klien tidak memenuhi kewajibannya, maka advokat dapat mengajukan gugatan perdata.

Hak retensi advokat dapat dibatalkan jika klien memenuhi kewajibannya kepada advokat. Selain itu, hak retensi advokat juga dapat dibatalkan oleh hakim jika hak tersebut diajukan secara tidak sah atau merugikan kepentingan klien.

Klien dapat melawan hak retensi advokat jika hak tersebut diajukan secara tidak sah atau merugikan kepentingan klien. Klien dapat mengajukan gugatan perdata untuk membatalkan hak retensi advokat.

Baca Juga  Apa Itu Influenza

Hak retensi advokat adalah hak yang sah yang dimiliki oleh advokat. Hak ini digunakan untuk melindungi kepentingan advokat agar dapat memperoleh pembayaran jasa hukum yang telah diberikan kepada klien. Namun, hak retensi advokat juga harus digunakan secara bertanggung jawab agar tidak merugikan kepentingan klien.

WebNamun, perlu diperhatikan bahwa dalam Kode Etik Advokat disebutkan bahwa hak retensi Advokat terhadap klien diakui sepanjang tidak akan menimbulkan kerugian kepentingan. WebSedangkan mengenai hak retensi (retentie), J. Satrio, (ibid, hal. 20), menjelaskan bahwa hak retensi adalah hak yang diberikan kepada kreditur tertentu,. WebMasalah Hak Retensi dan Hak Substitusi dalam Surat Kuasa. Disclaimer. Sesuai Pasal 1812 KUH Perdata, seorang advokat berhak menahan benda milik. WebHak retensi dapat dimiliki oleh beberapa pihak, termasuk di dalamnya profesi advokat yang menerima wewenang dari klien mereka. Advokat dapat menggunakan. WebYang dimaksud dengan: Advokat adalah orang yang berpraktek memberi jasa hukum, baik didalam maupun diluar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan undang. WebHak subtitusi dan hak retensi biasanya kita lihat dalam surat kuasa yang dibuat antara klien dengan advokat. Dasar hukum yang mengatur mengenai pemberian.

Apa Itu Hak Retensi Advokat

Mengenal Hak Retensi Advokat – Source: Hukumonline

Apa Itu Hak Retensi Advokat

Mengenal Hak Retensi dalam Dunia Profesi Advokat – Source: Burs Advocates

Apa Itu Hak Retensi Advokat

My Law Office – Source: app3.mcreasindo.com

Apa Itu Hak Retensi Advokat, HAK RETENSI dan HAK SUBSTITUSI dalam Surat Kuasa, 9.02 MB, 06:34, 3,237, Diskusi Hukum, 2021-07-28T07:00:12.000000Z, 5, Mengenal Hak Retensi Advokat, Hukumonline, 400 x 600, jpg, , 3, apa-itu-hak-retensi-advokat

Apa Itu Hak Retensi Advokat. WebAdvokat yang menerima kuasa dari kliennya memiliki hak retensi akibat dari pemberian kuasa tersebut. Apabila terdapat kewajiban, misalnya pembayaran biaya jasa hukum, yang belum dipenuhi oleh kliennya, maka advokat dapat menggunakan hak retensinya untuk. WebHak retensi advokat adalah advokat menerima kuasa dari kliennya memiliki hak retensi akibat dari pemberian kuasa tersebut. Apabila terdapat kewajiban, seperti.

Dalam surat kuasa yang di diberikan kepada seorang advokat yang mewakili pemberi kuasa di pengadilan terkadang di dalam surat kuasa tersebut disebutkan kan adanya hak retensi dan hak substitusi
Pemberi kuasa terkadang langsung saja menandatangani surat kuasa tersebut padahal tanpa mengetahui apa maksud dan istilah dari hak retensi dan hak substitusi

Baca Juga  Cara Buat Twibbon

HAK RETENSI
Diatur dalam pasal 1792 sampai dengan 1819 KUHPerdata

Dalam pasal 1812 KUHPerdata disebutkan “Penerima kuasa berhak untuk menahan kepunyaan pemberi kuasa yang berada di tangannya hingga kepadanya dibayar lunas segala sesuatu yang dapat dituntut akibat pemberian kuasa”
Biasanya hak retensi ini dimasukkan dalam surat kuasa khusus yang dibuat oleh advokat dengan kliennya (pemberi kuasa),

Maksudnya untuk menahan seluruh dokumen yang diberikan klien(pemberi kuasa) kepada penerima kuasa ( advokat )terkait tentang pengurusan kasus sebagai akibat belum atau tidak dipenuhinya pembayaran jasa advokat yang telah diperjanjikan

HAK SUBSTITUSI
Hak substitusi dapat diartikan sebagai hak memberikan kuasa kepada orang lain sebagai pengganti

Artinya seorang advokat dapat mengalihkan kuasa yang diberikan oleh kliennya (pemberi kuasa) kepada kuasa lain (advokat lain) dengan alasan pada saat itu, tidak dapat melakukan pengurusan atau menghadiri persidangan di pengadilan
Advokat yang menerima subtitusi hanya dapat melakukan tugasnya sebatas kuasa yang diberikan oleh advokat prinsipal sebagai pemberi kuasa

#Retensi #Substitusi #HakRetensi #HakSubstitusi #SuratKuasa #SuratKuasaKhusus

Mengenal Hak Retensi Advokat

Apa Itu Hak Retensi Advokat, WebHak retensi dapat dimiliki oleh beberapa pihak, termasuk di dalamnya profesi advokat yang menerima wewenang dari klien mereka. Advokat dapat menggunakan. WebYang dimaksud dengan: Advokat adalah orang yang berpraktek memberi jasa hukum, baik didalam maupun diluar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan undang. WebHak subtitusi dan hak retensi biasanya kita lihat dalam surat kuasa yang dibuat antara klien dengan advokat. Dasar hukum yang mengatur mengenai pemberian.

HAK RETENSI dan HAK SUBSTITUSI dalam Surat Kuasa

HAK RETENSI dan HAK SUBSTITUSI dalam Surat Kuasa

Source: Youtube.com

Mengenal Hak Retensi

Mengenal Hak Retensi

Source: Youtube.com

HAK RETENSI, HAK SUBSTITUSI, HAK IMUNITAS PADA ADVOKAT

HAK RETENSI, HAK SUBSTITUSI, HAK IMUNITAS PADA ADVOKAT

Source: Youtube.com

Retainer Agreement for Attorneys & Lawyers – EXPLAINED

Retainer Agreement for Attorneys & Lawyers - EXPLAINED

Source: Youtube.com

How to file a federal civil rights claim by Attorney Steve®

How to file a federal civil rights claim by Attorney Steve®

Source: Youtube.com

Hak Retensi – Klinik Hukumonline

Advokat yang menerima kuasa dari kliennya memiliki hak retensi akibat dari pemberian kuasa tersebut. Apabila terdapat kewajiban, misalnya pembayaran biaya jasa hukum, yang belum dipenuhi oleh kliennya, maka advokat dapat menggunakan hak retensinya untuk menahan kepunyaan kliennya. .

Mengenal Hak Retensi Bagi Kuasa Hukum – Media Global International

Dalam hal seorang Advokat menjadi kuasa hukum dari seorang pemberi kuasa, Advokat yang menerima kuasa dari kliennya memilki hak retensi akibat dari pemberian kuasa tersebut. Dalam hal ini, apabila dalam perjanjian antara pemberi kuasa dengan advokat terdapat honorarium yang harus dipenuhi oleh , .

Baca Juga  Ulasan Apa Perbedaan Hipertensi Dan Hipotensi viral

Apa Itu Hak Retensi – Tribratanews Polda Kepri

Walupun hak retensi itu diatur dalam KUHPerdata, tidak jarang banyak klien (pemberi kuasa) tetap melaporkan advokat/pengacara-nya ke polisi apabila atas dasar belum membayar jasanya tidak mengembalikan dokumen-dokumen hukum milik klien (pemberi kuasa) dengan dasar klien (pemberi kuasa) tidak , .

.

Mengenal Hak Retensi Advokat

Hak retensi biasa dimiliki oleh advokat. Hak retensi advokat adalah advokat menerima kuasa dari kliennya memiliki hak retensi akibat dari pemberian kuasa tersebut. Apabila terdapat kewajiban, seperti pembayaran jasa hukum yang belum dipenuhi klien, maka advokat dapat menggunakan hak retensi untuk menahan kepunyaan klien tersebut. .

.

Mengenal Hak Retensi Advokat

.

HAK RETENSI dan HAK SUBSTITUSI dalam Surat Kuasa | Smart judges

Dalam surat kuasa yang di diberikan kepada seorang advokat yang mewakili pemberi kuasa di pengadilan terkadang di dalam surat kuasa tersebut disebutkan kan adanya hak retensi dan hak substitusi Pemberi kuasa terkadang langsung saja menandatangani surat kuasa tersebut padahal tanpa mengetahui apa , .

APA ITU HAK RETENSI? Berdasarkan Kamus… – Kartika Law …

Kartika Law Firm, Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. 488 likes · 7 talking about this · 936 were here. “Kartika Law Firm” merupakan perkumpulan para aktifis (para legal), konsultan hukum dan advokat, .

.

.

.

Hak Privilege dan Hak Retensi

Ia tidak mempunyai hak untuk menjual , benda itu ada di tangan pihak ketiga (droit de suite). Kelebihannya hanya bahwa atas hasil penjualan benda tertentu/semua benda milik debitur, ia didahulukan di dalam mengambil pelunasannya. Mengenai apa saja yang termasuk ke dalam hak privilege ini dapat dilihat dalam Pasal 1139 dan Pasal 1149 KUHPer. … Sedangkan mengenai hak retensi (retentie), … .

KEDUDUKAN HAK RETENSI BENDA GADAI OLEH PT …

Google Scholar Cititation · This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .

.

REPOSITORY UNIVERSITAS MEDAN AREA: Hak Retensi Advokat Selaku Penerima Kuasa dalam Perjanjian Bantuan Hukum Studi Kasus Kantor Lembaga Bantuan Hukum dan Pertindungan Konsumen “PERSADA”

Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated .

Hak Subtitusi dan Hak Retensi

Hak subtitusi dan hak retensi biasanya , dengan advokat. Dasar hukum yang mengatur mengenai pemberian kuasa yaitu Pasal 1792 sampai dengan Pasal 1819 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (selanjutnya disebut KUHPer), yang didalamnya juga memuat mengenai hak subtitusi dan hak retensi. Berikut kami akan menjelaskan apa yang dimaksud … .

Contoh Surat Kuasa Khusus serta Dasar Hukum – Fakultas Hukum Terbaik di Medan Sumut

Contoh penggunaan surat kuasa khusus adalah dalam hal mengalihkan barang, meletakkan hak tanggungan atas barang, untuk membuat suatu perdamaian, atau melakukan tindakan lain yang hanya dapat dilakukan oleh seorang pemilik. terdapat hak retensi dan hak substitusi. .

Surat Kuasa Pengurusan Kasus Dengan Hak Retensi – izinesia.id

Izinesia.id – Dalam surat kuasa , kepada advokat/pengacara sebagai penerima kuasa terkait dengan pengurusan kepentingan hukumnya dipengadilan terkadang kita melihat istilah diakhirnya yaitu “hak retensi” dan “hak subtitusi”. Banyak pihak sebagai pemberi kuasa terkadang secara langsung mendandatangani kuasa tersebut tanpa mengetahui apa maksud dari istilah tersebut. Oleh karena itu dibawah ini … .

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *