Artikel Apa Itu Fotosintesis Dan Contohnya viral

Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau menggunakan energi cahaya matahari. Proses ini terjadi di kloroplas, organel yang terdapat di daun tumbuhan.

Fotosintesis terdiri dari dua tahap, yaitu:

Pada tahap terang, energi cahaya matahari digunakan untuk memecah molekul air (H2O) menjadi oksigen (O2) dan ion hidrogen (H+). Oksigen dilepaskan ke atmosfer, sedangkan ion hidrogen digunakan untuk menghasilkan ATP dan NADPH.

Pada tahap gelap, ATP dan NADPH digunakan untuk mengikat karbon dioksida (CO2) dari atmosfer menjadi gula (glukosa). Gula ini kemudian digunakan oleh tumbuhan untuk menghasilkan energi dan bahan penyusun sel.

Contoh fotosintesis adalah proses pembuatan gula oleh tumbuhan padi. Padi menggunakan energi cahaya matahari untuk memecah air dan mengikat karbon dioksida menjadi gula. Gula ini kemudian digunakan oleh padi untuk menghasilkan energi dan bahan penyusun sel.

Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis adalah:

Cahaya matahari merupakan sumber energi utama dalam fotosintesis.

Air digunakan untuk memecah molekul air menjadi oksigen dan ion hidrogen.

Karbon dioksida digunakan untuk mengikat karbon menjadi gula.

Suhu yang optimal untuk fotosintesis adalah sekitar 25-30 derajat Celcius.

Unsur hara, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Manfaat fotosintesis adalah:

Fotosintesis tidak hanya terjadi pada tumbuhan hijau, tetapi juga pada alga dan bakteri fotosintetik.

Web ResultMenurut penjelasan dalam buku ”Bahas Tuntas 1001 Soal Biologi SMP Kleas VII, VIII, IX”, fotosintesis berasal dari kata foton artinya cahaya dan sintesis. Web ResultFotosintesis adalah proses di mana tumbuhan mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia dalam bentuk makanan. Proses fotosintesis dimulai ketika. Web Resulton. 16/03/2022. By. Editor LindungiHutan. Kata fotosintesis berasal dari bahasa Yunani yaitu foto berarti cahaya dan synthesis yang berarti penggabungan.. Web ResultMaksud fotosintesis. Fotosintesis adalah satu proses di mana tumbuhan-tumbuhan hijau serta beberapa organisma tertentu seperti alga dan. Web ResultApa itu Fotosintesis? Fotosintesis tergolong sebagai anabolisme yaitu mekanisme penyusunan senyawa organik menjadi senyawa anorganik pada organisme.

Baca Juga  Perlu kita lihat Apa Itu Hernia Skrotalis Inkarserata trend

Video Apa Itu Fotosintesis Dan Contohnya

Apa Itu Fotosintesis Dan Contohnya

Apa Itu Fotosintesis Dan Contohnya. Web ResultKOMPAS.com – Fotosintesis adalah proses yang umumnya digunakan oleh tumbuhan dalam mengubah sinar matahari menjadi makanan atau energi. Proses tersebut mengubah karbon dioksida dan air menjadi makanan dan. Web Resulttirto.id – Fotosintesis berasal dari kata foton yang artinya cahaya dan sintesis yang artinya penyusunan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Apa Itu Fotosintesis Dan Contohnya, Web ResultMaksud fotosintesis. Fotosintesis adalah satu proses di mana tumbuhan-tumbuhan hijau serta beberapa organisma tertentu seperti alga dan. Web ResultApa itu Fotosintesis? Fotosintesis tergolong sebagai anabolisme yaitu mekanisme penyusunan senyawa organik menjadi senyawa anorganik pada organisme. Web ResultFotosintesis itu merupakan proses yang dilakukan tumbuhan untuk memproduksi zat makanan berupa glukosa. Proses ini tidak hanya dilakukan oleh. Web ResultFotosintesis memiliki fungsi utama sebagai penghasil makanan. Sebagai contoh, seperti buah-buahan, umbi-umbian, dan gula. Lewat kandungan. Web ResultFotosintesis adalah – Fotosintesis merupakan suatu fenomena alamiah yang terjadi pada tumbuhan untuk mendapatkan zat makanannya. Proses ini juga sangat. Web ResultFotosintesis adalah pemanfaatan energi matahari oleh tumbuhan yang mengandung zat hijau daun (klorofil) atau bakteri, untuk mengubah karbon. Web ResultJakarta -. Fotosintesis adalah suatu proses pembuatan atau pembentukan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang. Web ResultFotosintesis: organisme berklorofil (tumbuhan, alga, bakteri). Kemosintesis: organisme kemoautotrof (bakteri sulfur, bakteri nitrat, bakteri nitrit). 2. Sumber. Web Resulttirto.id – Fotosintesis berasal dari kata foton yang berarti cahaya dan sintesis yang artinya penyusunan. Jadi, fotosintesis artinya proses penyusunan senyawa yang. Web ResultTRIBUNNEWS.COM – Pengertian fotosintesis dan proses serta manfaatnya bisa simak dalam artikel ini. Menurut KBBI, fotosintesis adalah.

Baca Juga  Tentang Apa Itu Hb Skincare lengkap

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *