Topik Apa Itu Fototerapi trend

Fototerapi adalah terapi sinar yang digunakan untuk merawat bayi dengan penyakit kuning akibat kadar bilirubin berlebih dalam tubuh. Terapi ini memanfaatkan sinar ultraviolet buatan untuk mengurangi kadar bilirubin bayi.

Bilirubin adalah zat sisa hasil penguraian sel darah merah. Bilirubin yang normal akan dikeluarkan dari tubuh melalui empedu dan pencernaan. Namun, pada bayi baru lahir, sistem hati mereka belum sepenuhnya berkembang, sehingga bilirubin dapat menumpuk di dalam darah.

Fototerapi diperlukan jika kadar bilirubin bayi melebihi batas normal. Batas normal kadar bilirubin bayi adalah sebagai berikut:

  • 24 jam pertama: 15 mg/dL
  • 24-48 jam: 10 mg/dL
  • 48-72 jam: 7 mg/dL

Bayi yang baru lahir dengan risiko tinggi mengalami penyakit kuning adalah:

  • Bayi prematur
  • Bayi yang berat lahir rendah
  • Bayi yang memiliki golongan darah Rh-negatif
  • Bayi yang ibu hamilnya memiliki diabetes atau preeklamsia

Sinar ultraviolet dari lampu fototerapi memecah bilirubin menjadi bentuk yang lebih mudah larut dan dapat dikeluarkan dari tubuh melalui urin dan tinja.

Fototerapi biasanya dilakukan selama 30 menit setiap 3-4 jam sekali. Fototerapi akan dihentikan setelah kadar bilirubin bayi mencapai angka normal.

Efek samping fototerapi yang umum terjadi adalah:

  • Ruam kulit
  • Dehidrasi
  • Diare

Efek samping fototerapi yang jarang terjadi adalah:

  • Gangguan penglihatan
  • Kerusakan kulit

Fototerapi adalah terapi yang aman dan efektif untuk mengatasi penyakit kuning pada bayi. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan fototerapi.

Fototerapi dapat membantu mencegah kernikterus, yaitu kondisi serius yang terjadi ketika bilirubin menumpuk di otak bayi. Kernikterus dapat menyebabkan kerusakan otak permanen, bahkan kematian.

Fototerapi adalah terapi yang aman dan efektif untuk mengatasi penyakit kuning pada bayi. Fototerapi dapat membantu mencegah kernikterus, yaitu kondisi serius yang terjadi ketika bilirubin menumpuk di otak bayi.

Baca Juga  Artikel Apa Itu Fotosintesis Dan Contohnya viral

WebKesehatan. Juga dikenal sebagai terapi cahaya, ini adalah penggunaan sinar ultraviolet (UV) untuk efek penyembuhan. Kegunaan. Fototerapi telah digunakan di. WebApa Itu Intensity Modulated Radiation Therapy (IMRT)? IMRT atau Intensity Modulated Radiation Therapy merupakan jenis terapi radiasi lanjutan yang digunakan. WebFototerapi merupakan perawatan medis di mana cahaya alami atau buatan digunakan untuk meningkatkan kondisi kesehatan. Perawatan dapat melibatkan bola. WebFototerapi atau terapi cahaya dilakukan untuk mengatasi masalah kulit yang tidak bisa diatasi hanya dengan obat. Simak jenis-jenis terapi cahaya untuk kulit di sini..

Video Apa Itu Fototerapi

Apa Itu Fototerapi

Apa Itu Fototerapi. WebKOMPAS.com – Fototerapi adalah pilihan perawatan yang bisa digunakan untuk berbagai penyakit kulit. Bahkan, fototerapi bisa membantu memperbaiki beberapa.

Apa Itu Fototerapi, WebApa Itu Intensity Modulated Radiation Therapy (IMRT)? IMRT atau Intensity Modulated Radiation Therapy merupakan jenis terapi radiasi lanjutan yang digunakan. WebFototerapi merupakan perawatan medis di mana cahaya alami atau buatan digunakan untuk meningkatkan kondisi kesehatan. Perawatan dapat melibatkan bola. WebFototerapi atau terapi cahaya dilakukan untuk mengatasi masalah kulit yang tidak bisa diatasi hanya dengan obat. Simak jenis-jenis terapi cahaya untuk kulit di sini.. WebDapatkan panduan komprehensif untuk Fototerapi, termasuk sejarahnya, manfaat & cara kerjanya. Temukan berbagai jenis Fototerapi & kegunaannya. WebBayi kuning merupakan suatu kondisi di mana kulit bayi terlihat kuning yang terjadi pada bayi baru lahir. Gejala bayi kuning. Gejala pertama bayi kuning adalah. WebApa definisi dari fototerapi? Fototerapi atau terapi sinar adalah salah satu metode perawatan yang umum dilakukan untuk menangani kondisi bayi kuning.. WebApa itu fototerapi? Fototerapi, juga disebut terapi cahaya atau terapi cahaya, adalah alat terapi di mana sinaran elektromagnetik, iaitu cahaya, digunakan untuk. WebPhototherapy merupakan salah satu rawatan kekuningan yang telah lama digunakan di dalam perubatan moden. Lampu tersebut akan mengeluarkan cahaya yang akan. WebFototerapi bertujuan untuk menormalkan kembali jam tidur pengidap yang berantakan, misalnya pada pengidap insomnia yang terlalu cepat tidur pada malam hari.

Baca Juga  Materi Apa Bedanya Hipertensi Dan Darah Tinggi

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *