Apa Itu Tempe Bongkrek

Tentang Apa itu Tempe Bongkrek, tempe bongkrek adalah jenis olahan tempe khas dari Jawa Tengah yang terbuat dari ampas kelapa parut/bungkil. Tempe jenis ini memang tidak banyak dikenal oleh masyarakat secara luas. Hanya masyarakat yang tinggal di daerah penghasil produk olahan kelapa yang menghasilkan ampas kelapa yang biasanya mengenal tempe jenis ini.

Namun, perlu diingat bahwa tempe bongkrek merupakan jenis tempe yang sangat berbahaya dan beracun. Tempe ini sering kali menyebabkan keracunan karena terkontaminasi oleh bakteri Burkholderia galdioli yang menghasilkan racun berupa asam bongkrek dan toxoflavin, serta memusnahkan jamur.

Sejarah tempe bongkrek sendiri sudah cukup lama. Di masa Hindia Belanda, khususnya abad ke-19, makanan asal Banyumas, Jawa Tengah itu terbilang favorit di kalangan rakyat miskin. Namun, karena sering menimbulkan keracunan dan kematian akibat racun asam bongkrek dan toxoflavin, produksi tempe bongkrek kemudian dilarang.

Demikianlah informasi mengenai Apa itu Tempe Bongkrek.
Tempe bongkrek adalah jenis olahan tempe khas dari Jawa Tengah yang terbuat dari ampas kelapa parut/bungkil. Tempe jenis ini memang tidak banyak dikenal oleh masyarakat secara luas. Hanya masyarakat yang tinggal di daerah penghasil produk olahan kelapa yang menghasilkan ampas kelapa yang biasanya mengenal tempe jenis ini.

Namun, perlu diingat bahwa tempe bongkrek juga dikenal sebagai tempe paling berbahaya di dunia karena dapat menyebabkan keracunan dan kematian . Tempe bongkrek terkontaminasi oleh bakteri Burkholderia galdioli yang menghasilkan racun berupa asam bongkrek dan toxoflavin, serta memusnahkan jamur.

Video lebih jelas dari Apa Itu Tempe Bongkrek

Diatas yakni informasi perihal Apa Itu Tempe Bongkrek, yang mana hal itu tengah viral ketika ini di dunia maya maupun media lainya. sebagai penambah wawasan anda untuk lebih mengetahui seputar bermacam-macam wawasan baru yang ada kini, lantas simpan domisili link web ini agar kedepan nya anda dapat menemukan dengan gampang topik lain yang berharap anda kenal. Tentang Apa itu Tempe Bongkrek, tempe bongkrek adalah jenis olahan tempe khas dari Jawa Tengah yang hal ini yakni kabar terbaru yang mampu kami hadirkan untuk anda, kami harap anda puas dengan info yang sudah kami sediakan. terima kasih.

Baca Juga  Berikut Apa Itu Hb Low sedang hangat

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *