Kapan Malam Satu Suro

Perihal Kapan Malam Satu Suro, Berikut adalah informasi tentang Kapan Malam Satu Suro, yang mana hal itu tengah viral dikala ini di dunia maya ataupun media lainya. sebagai penambah wawasan anda untuk lebih mengetahui tentang bermacam wawasan baru yang ada sekarang, segera simpan alamat link situs ini supaya kedepan nya anda bisa menemukan dengan gampang topik lain yang ingin anda kenal. Tentang Malam Satu Suro, Malam Satu Suro adalah malam pergantian tahun dalam kalender Jawa. Malam hal ini yaitu info terbaru yang sanggup kami hadirkan untuk anda, kami harap anda puas dengan berita yang telah kami sediakan.

Video menarik dari Kapan Malam Satu Suro

Tentang Malam Satu Suro, Malam Satu Suro adalah malam pergantian tahun dalam kalender Jawa. Malam satu suro akan terjadi pada Selasa Malam, tepatnya pada tanggal 18 Juli 2023. Pada tanggal tersebut juga bertepatan dengan 1 Muharram 1445H, yang diperingati sebagai tahun baru dalam kalender Islam/Hijriah. Satu Suro diciptakan Sultan Agung dari Kerajaan Mataram (1613-1645) untuk mengawali Tahun Jawa atau Tahun Baru Saka. Penentuan malam satu Suro ini ditetapkan pada malam hari setelah waktu magrib di hari sebelum tanggal 1 Suro/Muharram.

Momen malam 1 Suro biasanya dimanfaatkan masyarakat di kerajaan di Pulau Jawa untuk membersihkan pusaka. Ritual membersihan pusaka ini disebut jamasan. Namun selain membersihkan pusaka, masyarakat di sekitar kerajaan juga melakukan ritual Mubeng Benteng untuk meramaikan malam pergantian tahun.

Saya akan mencoba membantu Anda dengan blog tentang Kapan Malam Satu Suro. Apakah Anda memerlukan bantuan tersebut?
Malam Satu Suro adalah malam tahun baru dalam Kalender Jawa yang menjadi hari pertama dalam bulan Suro. Malam satu Suro juga bertepatan dengan tanggal 1 Muharram dalam penanggalan Hijriyah atau penanggalan Islam. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa tradisional, malam 1 Suro merupakan malam keramat, terlebih jika jatuh pada hari Jumat.

Baca Juga  Kapan Ringgit Naik

Malam satu Suro dirayakan oleh masyarakat Jawa dengan berbagai macam acara. Ada beberapa pantangan yang harus dihindari pada malam satu Suro seperti tidak boleh memasak nasi, tidak boleh memotong benda tajam dan lain-lain.

Semoga membantu menjawab pertanyaan Anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *