Ponpes Al Zaytun Kenapa

Sekilas Tentang Ponpes Al Zaytun Kenapa, Pilih pertanyaan yang sejenis dengan ketertarikan Anda seperti Ponpes Al Zaytun Kenapa. Baik, blog tentang Ponpes Al Zaytun Kenapa Berikut adalah isi ajaran Pondok Pesantren Al Zaytun yang Tingkatkan perjalanan pengetahuan Anda dan rasakan kegembiraan belajar yang mendalam. Dengan berbagi informasi dan pengetahuan, Anda dapat membantu pemahaman orang lain. Pelajari saran dari para ahli dan tingkatkan diri Anda. Dapatkan wawasan baru dan perluas pengetahuan Anda untuk hidup yang lebih kaya dan memuaskan.

Sekilas video dari Ponpes Al Zaytun Kenapa

Baik, blog tentang Ponpes Al Zaytun Kenapa Berikut adalah isi ajaran Pondok Pesantren Al Zaytun yang saya temukan dari sumber yang saya dapatkan.

Pondok Pesantren Al Zaytun mengajarkan pengembangan budaya toleransi dan perdamaian menuju masyarakat sehat, cerdas, dan manusiawi. Namun pada tahun 2011, ponpes ini dituding memiliki kurikulum yang menyimpang dari ajaran Islam dan memiliki keterkaitan dengan gerakan Negara Islam Indonesia (NII). Gerakan NII merupakan gerakan radikal yang berusaha mengubah sistem politik dan sosial di Indonesia dengan menggunakan kekerasan. Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang mengatakan bahwa ia hanya ingin mengangkat martabat seorang wanita dengan mencampurkan shaf salat antara pria dan wanita.

Ponpes Al Zaytun sendiri dikenal dengan pesantren yang tertutup. Pesantren di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Indramayu ini bahkan punya kesan eksklusif. Memang Al-Zaytun itu kan pesantren di Indramayu, eksklusif kita tidak bisa intervensi apa-apa dan kalaupun kita tidak suka juga susah, levelnya nasional pun kadang tidak ditanggapin gitu, kata Ketua MUI Indramayu KH Satori.

Al-Zaytun merupakan pesantren yang dibangun oleh Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) pada 13 Agustus 1996. Sosok pendiri Al-Zaytun adalah Panji Gumilang. Panji Gumilang sempat dikaitkan sebagai Imam Negara Islam Indonesia (NII) Komandemen Wilayah (KW) 9 pada 2011 lalu. Namun, Panji yang menjadi pimpinan Ponpes Al-Zaytun ini dengan tegas membantahnya.

Baca Juga  Kenapa Jaringan Seluler Tidak Tersedia

Pesantren ini diresmikan pada 27 Agustus 1999. Persemian saat itu dilakukan oleh Presiden B.J. Habibie. Al-Zaytun menerapkan Sistem Pendidikan Satu Pipa (One Pipe Education System), yakni sebuah sistem pendidikan formal yang tidak terputus dari tingkat dasar hingga tinggi.

Al-Zaytun dibangun di atas lahan seluas 1.200 hektare dimana 200 hektare diantaranya adalah untuk sarana kompleks pendidikan seperti gedung pembelajaran, gedung asrama siswa putra maupun putri, masjid hingga sarana olahraga.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda .
Pondok Pesantren Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu memang kerap menuai kontroversi. Ponpes ini dikenal dengan pesantren yang tertutup dan eksklusif. Ponpes Al-Zaytun sendiri merupakan pesantren yang dibangun oleh Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) pada 13 Agustus 1996. Sosok pendiri Al-Zaytun adalah Panji Gumilang.

Ponpes Al-Zaytun sempat dikaitkan sebagai Imam Negara Islam Indonesia (NII) Komandemen Wilayah (KW) 9 pada 2011 lalu. Namun, Panji Gumilang yang menjadi pimpinan Ponpes Al-Zaytun ini dengan tegas membantahnya.

Pesantren ini diresmikan pada 27 Agustus 1999 oleh Presiden B.J. Habibie dan menerapkan Sistem Pendidikan Satu Pipa (One Pipe Education System), yakni sebuah sistem pendidikan formal yang tidak terputus dari tingkat dasar hingga tinggi.

Al-Zaytun dibangun di atas lahan seluas 1.200 hektare dimana 200 hektare diantaranya adalah untuk sarana kompleks pendidikan seperti gedung pembelajaran, gedung asrama siswa putra maupun putri, masjid hingga sarana olahraga.

Ponpes Al-Zaytun sempat terseret kasus pemalsuan dokumen. Itu dilakukan oleh Panji Gumilang dan ditangani langsung oleh Bareskrim Mabes Polri. Kasus ini pun bergulir hingga ke meja hijau. Di pengadilan, Panji divonis 10 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Indramayu pada Mei 2012.

Baca Juga  Ceritakan Pengalaman Yang Berkesan Ketika Ibu/bapak Mendapatkan Pertanyaan Kritis Dari Murid-muridnya.

Guru-guru Al-Zaytun sempat mempolisikan Panji Gumilang pada 2017. Saat itu, Panji dinilai telah melakukan dugaan penghinaan dan pelecehan terhadap guru. Adapun dugaan penghinaan dan pelecehan yang dilakukan Panji Gumilang yaitu menyuruh para guru membuat surat pengajuan untuk mengajar di tahun ajaran baru. Para guru keberatan dengan aturan ini. Tidak hanya itu, pada kesempatan zikir Jumat, 18 November 2016, Panji Gumilang juga menyampaikan pernyataan yang menyakiti hati para guru. Panji Gumilang menyebut banyak guru yang pemikirannya bermasalah.

Semoga informasi ini membantu menjawab pertanyaan Anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *