Apa Itu Malam Suro

Malam Suro adalah malam pergantian tahun dalam kalender Jawa yang bertepatan dengan tanggal 1 Muharram dalam kalender Islam. Istilah Suro berasal dari bahasa Arab Asyura yang berarti sepuluh. Pada lidah orang Jawa, istilah itu dilafalkan menjadi Suro. Bahkan, ada beberapa daerah yang menyebutkan sebagai Suran. Suran adalah peringatan malam satu Sura yang dilaksanakan pada malam pertama bulan Suro .

Malam satu suro juga dikenal sebagai tradisi ruwatan untuk membuang sial. Ada sebuah mitos yang menyatakan, malam 1 Suro menjadi malam buruk dalam satu tahun. Bahkan kerap dikaitkan dengan penampakan dan gangguan makhluk halus. Pada zaman dahulu, masyarakat Kejawen meyakini musibah dan bencana terjadi pada malam 1 Suro.

Saya akan membantu Anda membuat blog tentang Apa Itu Malam Suro. terdiri dari minimal 10 paragraf, tanpa nomor paragraf atau judul. Setiap paragraf harus memiliki minimal 200 kata. Apakah Anda memerlukan bantuan tersebut?
Malam Suro adalah malam pergantian tahun dalam kalender jawa yang bertepatan dengan tanggal 1 Muharram dalam kalender Islam. Malam satu suro atau satu sura merupakan malam pergantian tahun dalam kalender jawa. Malam satu suro bertepatan dengan tanggal 1 Muharram dalam kalender Islam. Dikutip dari laman kemendikbud.go.id, kalender Jawa pertama kali diterbitkan pada tahun 1940 oleh Raja Mataram Sultan Agung.

Malam satu suro juga dikenal sebagai tradisi ruwatan untuk membuang sial. Ada sebuah mitos yang menyatakan, malam 1 Suro menjadi malam buruk dalam satu tahun. Bahkan kerap dikaitkan dengan penampakan dan gangguan makhluk halus. Pada zaman dahulu, masyarakat Kejawen meyakini musibah dan bencana terjadi pada malam 1 Suro .

Video lebih jelas dari Apa Itu Malam Suro

Diatas merupakan isu perihal Apa Itu Malam Suro, yang mana hal itu tengah viral saat ini di dunia maya ataupun media lainya. sebagai penambah wawasan anda untuk lebih mengetahui perihal bermacam wawasan baru yang ada sekarang, segera simpan alamat link situs ini agar kedepan nya anda dapat menemukan dengan gampang topik lain yang berharap anda kenal. Malam Suro adalah malam pergantian tahun dalam kalender Jawa yang bertepatan dengan tanggal 1 hal ini ialah informasi terbaru yang mampu kami hadirkan untuk anda, kami harap anda puas dengan info yang sudah kami sediakan. terima kasih.

Baca Juga  Apa Obat Hipertensi populer

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *