Apa Itu Osmosis Dalam Biologi

Osmosis adalah proses perpindahan molekul air atau zat pelarut dari larutan yang memiliki konsentrasi rendah ke larutan yang memiliki konsentrasi tinggi. Proses ini terjadi melalui membran semipermeabel, yaitu membran yang hanya dapat dilalui oleh molekul pelarut.

Osmosis adalah proses perpindahan molekul air atau zat pelarut dari larutan yang memiliki konsentrasi rendah ke larutan yang memiliki konsentrasi tinggi. Konsentrasi suatu larutan didefinisikan sebagai jumlah zat terlarut dalam suatu volume larutan. Larutan dengan konsentrasi rendah disebut larutan hipotonis, sedangkan larutan dengan konsentrasi tinggi disebut larutan hipertonik.

Proses osmosis terjadi karena adanya perbedaan konsentrasi air antara dua larutan yang dipisahkan oleh membran semipermeabel. Molekul air akan bergerak dari larutan yang memiliki konsentrasi air tinggi (hipertonis) ke larutan yang memiliki konsentrasi air rendah (hipotonis).

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi osmosis, yaitu:

Osmosis dapat berdampak pada sel, baik positif maupun negatif. Dampak positif osmosis pada sel adalah sel dapat menyerap air dan nutrisi dari lingkungannya. Dampak negatif osmosis pada sel adalah sel dapat mengalami plasmolisis atau hemolisis.

Osmosis adalah proses perpindahan molekul air atau zat pelarut dari larutan yang memiliki konsentrasi rendah ke larutan yang memiliki konsentrasi tinggi. Proses ini terjadi melalui membran semipermeabel dan dapat berdampak positif maupun negatif pada sel.

Apa Itu Osmosis Dalam Biologi video

Apa Itu Osmosis Dalam Biologi

Baca Juga  Apa Itu Jaringan Dalam Biologi

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *