Perlu diketahui Apa Itu Hak Lintas Damai Adalah

Apa Itu Hak Lintas Damai Adalah

Hak lintas damai adalah hak kapal asing untuk berlayar melewati laut teritorial dan perairan suatu negara tanpa mengganggu kedamaian, ketertiban umum dan keamanan negara yang dilaluinya. Hak ini diakui secara internasional dalam Konvensi Hukum Laut 1982 (UNCLOS 1982).

Ada dua jenis hak lintas damai, yaitu:

Kapal asing yang melaksanakan hak lintas damai wajib:

Tindakan yang dapat dianggap sebagai pelanggaran hak lintas damai antara lain:

Hak lintas damai merupakan hak yang penting untuk menjamin kelancaran lalu lintas laut internasional. Hak ini juga merupakan salah satu unsur penting dalam hukum laut internasional.

WebAkses navigasi itu terwujud dalam hak lintas damai (rights of innocent. WebHak Lintas Lintas (meaning of passage) dalam UNCLOS 1982 berarti:. WebHak lintas damai diijinkan bagi kapal negara asing yang memasuki perairan. WebHak lintas damai yang berlaku bagi kapal dan pesawat udara asing di wilayah laut. WebMaksud dari pasal 52 ayat 1 adalah bahwa negara kepulauan wajib menghormati hak.

Baca Juga  Pembahasan Pengertian Filsafat Vedanta
Apa Itu Hak Lintas Damai Adalah

Hak Lintas Kapal Asing dalam UNCLOS 1982 | Jurnal Maritim – Source: Jurnal Maritim

Apa Itu Hak Lintas Damai Adalah

PDF) HAK LINTAS DAMAI ("RIGHT OF INNOCENT PASSAGE") DALAM PENGATURAN HUKUM LAUT INTERNASIONAL | Recha Castury – Academia.edu – Source: Academia.edu

Apa Itu Hak Lintas Damai Adalah

PENGERTIAN LINTAS Lintas berarti navigasi melalui territorial dan perairan kepulauan (khusus negara kepulauan) untuk keperluan : Melintasi laut tanpa. – ppt download – Source: SlidePlayer

Apa Itu Hak Lintas Damai Adalah, Hukum Laut- Hak Lintas Damai & Navigasi, 41.27 MB, 30:03, 706, Satria Unggul, 2020-11-28T02:44:46.000000Z, 2, Hak Lintas Kapal Asing dalam UNCLOS 1982 | Jurnal Maritim, Jurnal Maritim, 551 x 1080, jpg, , 3, apa-itu-hak-lintas-damai-adalah

Apa Itu Hak Lintas Damai Adalah. WebPENGERTIAN HAK LINTAS DAMAI – Adalah hak melintasi atau melewati laut wilayah suatu negara dengan tidak me­nimbulkan gangguan bagi perdamaian, ketertiban, dan keamanan negara pantai. Wilayah laut suatu ne­gara dapat terdiri atas. WebTerdapat tiga istilah Hak Lintas dalam UNCLOS 1982, yaitu Hak Lintas. Web(k). Kegiatan yang berhubungan langsung dengan lintas. b. Lintas Damai Bagi Kapal.

Pada paparan diharapkan mampu mendeskripsikan hak lintas damai dalam Alur Laut Kepulauan, menjelaskan syarat dan ketentuan hak lintas damai dalam Alur Laut Kepulauan, menghubungkan antara mekanisme hukum internasional dan hukum nasional tentang Alur Laut Kepulauan, serta mendeskripsikan tata cara pengukuran Alur Laut Kepulauan

Hak Lintas Kapal Asing dalam UNCLOS 1982 | Jurnal Maritim

Apa Itu Hak Lintas Damai Adalah, WebHak lintas damai yang berlaku bagi kapal dan pesawat udara asing di wilayah laut. WebMaksud dari pasal 52 ayat 1 adalah bahwa negara kepulauan wajib menghormati hak.

Hukum Laut- Hak Lintas Damai & Navigasi

Hukum Laut- Hak Lintas Damai & Navigasi

Source: Youtube.com

Memajaki Kapal Asing di Laut Indonesia

Memajaki Kapal Asing di Laut Indonesia

Source: Youtube.com

Hak Lintas Damai ~ Handar Subhandi Bakhtiar

Pada perairan pedalaman umumnya tidak ada lintas damai bagi kapal asing, kecuali apabila perairan pedalaman itu sebelumnya berstatus sebagai laut lepas atau laut teritorial, disebabkan karena pengguna sistem straight base lines dan menggunakan garis-garis dasar dari laut teritorial, sehingga laut tersebut berubah menjadi perairan pedalaman dalam arti laut pedalaman, sedangkan pada laut teritorial ketentuan lintas damai itu dijamin oleh hukum intemasional. Menurut ketentuan hukum internasional, pada umumnya laut wilayah merupakan wilayah lintas damai bagi kendaraan asing, sehingga tidak tidak boleh monopoli bagi negara pantai dalam memanfaatkan laut sebagai sarana transportasi. Konvensi Hukum Laut 1982 memuat banyak ketentuan mengenai hak lintas damai. .

Baca Juga  Perihal Apa Itu Hernia Dan Penyebabnya Baru

1. HAK LINTAS DAMAI | Hukum Laut

Meskipun kapal–kapal perang mempunyai imunitas yang dijamin oleh konvensi ini, namun tidak lepas dari kewajiban untuk mematuhi peraturan perundang-undangan Negara pantai tentang pelaksanaan hak lintas damai. Meskipun telah diberi peringatan terlebih dahulu, apabila terbukti suatu kapal perang melakukan pelanggaran terhadap peraturan tersebut, Negara mantai mempunyai wewenang untuk memerintahkan kapal tersebut untu meninggalkan laut teritorialnya (yang dalam hal ini selat). Selain dari itu, Negara bendera dari kapal perang atau kapal pemerintah yang dioperasikan untuk tujuan yang non komersial, bertanggung jawab atas segala kerugian atau kerusakan yang diderita oleh negara pantai. .

View of PENEGAKAN HUKUM HAK LINTAS DAMAI BAGI KAPAL-KAPAL ASING DI PERAIRAN INDONESIA

Return to Article Details PENEGAKAN HUKUM HAK LINTAS DAMAI BAGI KAPAL-KAPAL ASING DI PERAIRAN INDONESIA Download Download PDF .

unclos 1982

Website Resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan | MINISTRY OF MARINE AFFAIRS AND FISHERIES REPUBLIC OF INDONESIA .

lintas damai: hak yang diberikan kepada semua jenis kapal asing untuk berlayar melewati laut teritorial dan perairan suatu negara yang tidak mengganggu kedamaian, ketertiban umum dan keamanan negara yang dilaluinya

lintas damai: hak yang diberikan kepada semua jenis kapal asing untuk berlayar melewati laut teritorial dan perairan suatu negara yang tidak mengganggu kedamaian, ketertiban umum dan keamanan negara yang dilaluinya .

peraturan pemerintah republik indonesia – BPHN

Peraturan Perundang-undangan .

Hak Lintas Kapal Asing dalam UNCLOS 1982 | Jurnal Maritim

Hak Lintas Damai Kebebasan berlayar atau Freedom of Navigation (FoN) merupakan salah satu prinsip utama dari UNCLOS 1982. Prinsip FoN diterapkan menjadi “Hak Lintas” pada seluruh rezim laut yang ditetapkan dalam UNCLOS 1982. Pengertian Lintas (passage) sesuai pasal 18 adalah: berlayar atau melakukan navigasi secara “terus menerus”, “langsung’ serta “secepat mungkin”. Baik itu untuk sekedar melewati suatu negara pantai, atau untuk menuju/dari pelabuhan yang ada di negara pantai tersebut. .

Baca Juga  Apa Itu Hipertensi Primer viral

PELAKSANAAN HAK LINTAS DAMAI OLEH KAPAL ASING DI PERAIRAN BENGKULU – UNIB Scholar Repository

Hak lintas damai adalah hak semua negara untuk melintasi atau melayarkan kapalnya di perairan territorial suatu negara sesuai dengan peraturan hukum laut internasional dan peraturan perundang-undangan negara pantai. Dengan diterimanya konsepsi negara kepulauan dalam Konvensi Hukum Laut Internasional 1982, maka hak lintas damai tidak saja berlaku di laut teritorial suatu negara pantai tetapi juga di perairan kepulauan suatu negara kepulauan. .

.

ANALISIS HUKUM TERHADAP HAK LINTAS DAMAI DI LAUT TERITORIAL INDONESIA DAN KAITANNYA DENGAN PERLINDUNGAN KESELAMATAN PELAYARAN MENURUT UNCLOS 1982 DAN HUKUM NASIONAL INDONESIA – eSkripsi Universitas Andalas

Akan tetapi, berdasarkan data dari , damai alur laut kepulauan di atasnya. Apakah terjadi permasalahan dalam pelaksanaan UNCLOS 1982 pada hukum nasional Indonesia sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan kapal seperti tubrukan antara KMP. Bahuga Jaya dengan Norgas Cathinka diwilayah ALKI? Untuk itulah penelitian ini dilakukan dengan metode analisis normatif, dengan bertitik tolak kepada UNCLOS 1982 dan peraturan perundang-undangan Indonesia yang tentang hak lintas damai di laut … .

PENEGAKAN HUKUM HAK LINTAS DAMAI BAGI KAPAL …

Visit the Neliti homepage .

melaksanakan lintas damai melalui perairan indonesia

Berhubung dengan itu dan sesuai dengan ketentuan dalam Undang‑undang Nomor 6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia, perlu menetapkan Peraturan Pemerintah yang mengatur hak dan kewajiban kapal asing melaksanakan hak lintas damai melalui laut teritorial dan Perairan Kepulauan Indonesia. .

52 PENGATURAN HUKUM HAK LINTAS DAMAI MENURUT …

E journal pada Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi .

HAK LINTAS DAMAI – Repository Unja

KURNIA PUTRA, AKBAR (2017) HAK LINTAS DAMAI (RIGHT OF INNOCENT PASSAGE) BERDASARKAN UNITED NATION CONVENTION ON THE LAW OF THE SEA 1982. FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS JAMBI. (Unpublished) ABSTRAK Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif yakni menggambarkan kondisi pelayaran internasional , .

SKRIPSI TINJAUAN HUKUM TERHADAP HAK LINTAS …

The world’s largest collection of open access research papers .

ABSTRAK Konsepsi hak lintas damai (“Right of …

repository.uir.ac.id supports OAI 2.0 with a base URL of http://repository.uir.ac.id/cgi/oai2 .

PEMANFAATAN HAK LINTAS KAPAL ASING DI PERAIRAN …

Visit the Neliti homepage .

dalam melaksanakan hak lintas alur laut kepulauan

c. Hak Lintas Alur Laut Kepulauan adalah hak kapal dan pesawat udara asing untuk melakukan lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 ayat (1) dan ayat (2) Undang‑undang. d. Hak Lintas Damai adalah hak kapal asing untuk melakukan lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 Undang‑undang. .

A. Hak Lintas Damai Menurut Konvensi Hukum Laut 1982

Research Repository of UMY Repository is a digital collection of open access research publications from Universitas Muhammadiyah Yogyakarta · Select a community to browse its collections .

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *