Bagaimana Memaknai Proses Perancangan Dan Isi Dari Rumusan Dasar Negara Yang Bernama Piagam Jakarta

Piagam Jakarta adalah rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945). Rancangan ini dirumuskan oleh Panitia Sembilan Badan Penyelidikan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) di Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945. Piagam Jakarta hakikatnya adalah teks deklarasi kemerdekaan Indonesia yang di dalamnya berisi manifesto politik, alasan eksistensi Indonesia, sekaligus memuat dasar negara Republik Indonesia.

Piagam Jakarta terdiri dari lima alinea yang masing-masing memuat satu pokok pikiran. Kelima pokok pikiran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Piagam Jakarta adalah rumusan dasar negara hasil rapat kesepakatan bersama pada 22 Juni 1945. Piagam Jakarta terdiri dari lima poin, yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Piagam Jakarta ditandatangani oleh 9 orang, termasuk Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, dan Muhammad Yamin. Piagam Jakarta adalah rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) .

Piagam Jakarta sendiri secara garis besar memuat arah dan tujuan bernegara serta draft awal rumusan dasar negara, yang kemudian dikenal dengan sebutan Pancasila. Tujuan dari Piagam Jakarta adalah untuk memperkuat prinsip persatuan dalam keragaman, yang diwujudkan dalam moto nasional Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Video terkait dengan Bagaimana Memaknai Proses Perancangan Dan Isi Dari Rumusan Dasar Negara Yang Bernama Piagam Jakarta

Diatas adalah informasi seputar Bagaimana Memaknai Proses Perancangan Dan Isi Dari Rumusan Dasar Negara Yang Bernama Piagam Jakarta, yang mana hal itu tengah viral selagi ini di dunia maya maupun fasilitas lainya. sebagai penambah wawasan anda untuk lebih sadar berkenaan bermacam wawasan baru yang tersedia sekarang, langsung simpan alamat link situs ini agar kedepan nya kamu dapat menemukan dengan mudah topik lain yang menghendaki anda ketahui. Piagam Jakarta adalah rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 perihal ini merupakan Info terbaru yang sanggup kami hadirkan untuk anda, kami ingin kamu senang bersama dengan informasi yang telah kami sediakan. terima kasih

Baca Juga  Bagaimana Cara Membuat Grafik Pada Microsoft Excel

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *