Tahun Berapa Peristiwa G30s Pki Terjadi

Tahun Berapa Peristiwa G30s Pki Terjadi, Terjun ke dunia tanya jawab disini dan temukan pengalaman yang penuh dengan kesenangan pengetahuan seperti Tahun Berapa Peristiwa G30s Pki Terjadi. Tentang peristiwa G30S PKI, gerakan ini terjadi pada tanggal **30 September 1965** dan dilancarkan Nikmati kepuasan dari pengetahuan dan mendalami wawasan baru. Dengan mengikuti petualangan tanya jawab, Anda akan merasakan kegembiraan belajar yang sejati.

Video dari Tahun Berapa Peristiwa G30s Pki Terjadi yang bisa anda lihat

Tentang peristiwa G30S PKI, gerakan ini terjadi pada tanggal **30 September 1965** dan dilancarkan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Tujuan utama G30S PKI adalah menggulingkan pemerintahan era Soekarno dan mengganti negara Indonesia menjadi negara komunis.

Peristiwa ini menjadi salah satu sejarah pahit bagi pemerintah Indonesia pada waktu itu. Gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh PKI mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia. Tiga dari enam orang yang menjadi target langsung dibunuh di kediamannya. Sedangkan lainnya diculik dan dibawa menuju Lubang Buaya. Keenam perwira tinggi yang menjadi korban G30S PKI antara lain Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan dan Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo.

Peristiwa G30S/PKI terjadi selama dua hari satu malam, yakni mulai 30 September sampai 1 Oktober tahun 1965. Dalam sebuah kudeta, setidaknya ada 7 perwira tinggi militer yang terbunuh dalam peristiwa tersebut.

Penyebutan persitiwa ini memiliki ragam jenis, Presiden Soekarno menyebut peristiwa ini dengan istilah GESTOK (Gerakan Satu Oktober), sementara Presiden Soeharto menyebutnya dengan istilah GESTAPU (Gerakan September Tiga Puluh), dan pada Orde Baru, Presiden Soeharto mengubah sebutannya menjadi G30S/PKI (Gerakan 30 September PKI).

Baca Juga  No Ktp Itu Yang Mana

Semoga membantu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *