Apa Itu Pisces Dalam Biologi

Ciri-ciri umum pisces dapat dijabarkan sebagai berikut:

Insang merupakan organ pernapasan ikan yang terletak di bagian kepala. Insang terdiri dari lempeng-lempeng insang yang mengandung pembuluh darah. Air yang masuk melalui mulut akan melewati lempeng-lempeng insang dan oksigen akan diserap oleh pembuluh darah.

Rangka ikan dapat tersusun atas tulang sejati atau tulang rawan. Ikan bertulang sejati memiliki rangka yang tersusun atas tulang sejati. Sedangkan, ikan bertulang rawan memiliki rangka yang tersusun atas tulang rawan.

Sisik merupakan lapisan pelindung yang menutupi tubuh ikan. Sisik ikan terbuat dari zat keratin, yaitu zat yang sama dengan zat yang membentuk rambut dan kuku manusia.

Gurat sisi merupakan organ sensorik yang terletak di sisi tubuh ikan. Gurat sisi berfungsi untuk mendeteksi perubahan tekanan air. Perubahan tekanan air ini dapat digunakan ikan untuk menentukan arah dan posisi berenangnya.

Jantung ikan memiliki dua ruang, yaitu serambi dan bilik. Serambi berfungsi untuk menerima darah dari insang, sedangkan bilik berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Ikan merupakan hewan berdarah dingin, yaitu suhu tubuh ikan dipengaruhi oleh suhu lingkungan.

Pisces dibagi menjadi dua superkelas, yaitu:

Ikan Agnatha merupakan ikan primitif yang tidak memiliki rahang. Contoh ikan Agnatha adalah lamprey dan ikan hagfish.

Ikan Gnathostomata merupakan ikan yang memiliki rahang. Ikan Gnathostomata dibagi menjadi dua kelas, yaitu:

Ikan Chondrichthyes merupakan ikan bertulang rawan. Contoh ikan Chondrichthyes adalah ikan hiu, ikan pari, dan ikan rajungan.

Ikan Osteichthyes merupakan ikan bertulang sejati. Contoh ikan Osteichthyes adalah ikan lele, ikan tuna, dan ikan gurami.

Berikut adalah beberapa contoh ikan:

Pisces adalah kelas hewan vertebrata yang hidup di perairan. Pisces memiliki ciri-ciri umum, yaitu:

Baca Juga  Apa Itu Biologi Populasi

Pisces dibagi menjadi dua superkelas, yaitu Agnatha dan Gnathostomata. Ikan Gnathostomata dibagi menjadi dua kelas, yaitu Chondrichthyes dan Osteichthyes.

Apa Itu Pisces Dalam Biologi video

Apa Itu Pisces Dalam Biologi

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *