Malam Suro Kapan

Malam Suro Kapan, Berikut adalah berita perihal Malam Suro Kapan, yang mana hal itu tengah viral ketika ini di dunia maya ataupun media lainya. sebagai penambah wawasan anda untuk lebih mengenal seputar pelbagai wawasan baru yang ada kini, lantas simpan domisili link web ini agar kedepan nya anda bisa menemukan dengan mudah topik lain yang berkeinginan anda kenal. Tentang Malam Suro Kapan, menurut sumber yang saya temukan, malam satu suro akan terjadi pada Selasa hal ini ialah kabar terkini yang kapabel kami hadirkan untuk anda, kami harap anda puas dengan informasi yang telah kami sediakan.

Video menarik dari Malam Suro Kapan

Tentang Malam Suro Kapan, menurut sumber yang saya temukan, malam satu suro akan terjadi pada Selasa Malam, tepatnya pada tanggal 18 Juli 2023. Pada tanggal tersebut juga bertepatan dengan 1 Muharram 1445H, yang diperingati sebagai tahun baru dalam kalender Islam/Hijriah.

Malam 1 Suro juga memiliki tradisi iring-iringan atau kirab yang dilakukan di berbagai daerah di Jawa. Misalnya, di Solo, terdapat tradisi kebo bule. Kebo bule yang dianggap keramat menjadi daya tarik bagi masyarakat yang menyaksikan perayaan malam 1 Suro.

Untuk blog yang Anda inginkan, saya sarankan untuk membahas lebih detail tentang tradisi dan perayaan malam 1 Suro di berbagai daerah di Jawa. Selain itu, Anda juga dapat membahas sejarah dan asal-usul dari tradisi tersebut.

: [Suara.com](https://www.suara.com/lifestyle/2023/07/12/145357/kapan-malam-1-suro-2023-ini-hari-dan-tradisinya-menurut-jawa)
Malam Suro adalah perayaan awal bulan Sura yang menjadi awal tahun baru dalam kalender Jawa. Perayaan malam satu Suro ini menjadi tradisi yang tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat Jawa yang bertepatan dengan Tahun Baru Islam. Menurut situs Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, bulan Suro dianggap masyarakat suku Jawa sebagai bulan sakral. Berbagai macam acara diselenggarakan masyarakat Jawa dari berbagai daerah dengan kegiatan dan makna berbeda-beda dalam rangka merayakan malam satu Suro.

Baca Juga  Kapan Wukuf Di Arafah Tahun 2023

Awal mula perayaan malam satu Suro konon bertujuan untuk memperkenalkan kalender Islam di kalangan masyarakat Jawa. Pada tahun 931 Hijriah atau 1443 tahun Jawa baru, yaitu pada zaman pemerintahan kerajaan Demak, Sunan Giri II membuat penyesuaian antara sistem kalender Hijriah (Islam) dengan sistem kalender Jawa pada masa itu. Sementara menurut catatan sejarah lainnya, penetapan satu Suro sebagai awal tahun baru Jawa dilakukan sejak zaman Kerajaan Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo (1613-1645). Pada 1633 Masehi atau 1555 tahun Jawa, Sultan Agung menetapkan Tahun Jawa atau tahun Baru Saka diberlakukan di bumi Mataram dan menetapkan 1 Suro sebagai tanda awal tahun baru Jawa.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *