Tentang Malam Suro, Berikut yakni info tentang Malam Suro, yang mana hal itu tengah viral dikala ini di dunia maya ataupun media lainya. sebagai penambah wawasan anda untuk lebih mengetahui tentang beraneka wawasan baru yang ada sekarang, segera simpan domisili link web ini supaya kedepan nya anda dapat menemukan dengan mudah topik lain yang berharap anda kenal. Tentang Malam Suro, Malam Suro adalah perayaan awal bulan Sura yang menjadi awal tahun baru dalam hal ini ialah isu terbaru yang kapabel kami hadirkan untuk anda, kami harap anda puas dengan isu yang sudah kami sediakan.

Video menarik dari Malam Suro

Tentang Malam Suro, Malam Suro adalah perayaan awal bulan Sura yang menjadi awal tahun baru dalam kalender Jawa. Perayaan malam satu Suro ini menjadi tradisi yang tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat Jawa yang bertepatan dengan Tahun Baru Islam. Menurut situs Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, bulan Suro dianggap masyarakat suku Jawa sebagai bulan sakral. Berbagai macam acara diselenggarakan masyarakat Jawa dari berbagai daerah dengan kegiatan dan makna berbeda-beda dalam rangka merayakan malam satu Suro.

Malam satu suro adalah malam yang menandai awal bulan pertama penanggalan Jawa. Malam satu suro juga bertepatan dengan tanggal 1 Muharram dalam penanggalan Hijriyah atau penanggalan Islam. Ada sebuah mitos yang menyatakan, malam 1 Suro menjadi malam buruk dalam satu tahun. Bahkan kerap dikaitkan dengan penampakan dan gangguan makhluk halus. Pada zaman dahulu, masyarakat Kejawen meyakini musibah dan bencana terjadi pada malam 1 Suro. Malam 1 Suro juga dikenal sebagai tradisi ruwatan untuk membuang sial.

Malam Suro adalah tradisi Jawa yang dirayakan pada malam pertama bulan Suro dalam kalender Jawa. Malam Suro biasanya dirayakan dengan melakukan ritual keagamaan seperti doa bersama dan ziarah kubur. Selain itu, ada juga tradisi kirab pusaka yang dilakukan di Keraton Surakarta pada malam satu Suro. Kirab pusaka ini merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan pada malam satu Suro di Keraton Surakarta. Pada kirab ini, pusaka-pusaka keraton akan diarak keliling kota dan diarak ke beberapa tempat suci di sekitar keraton. Namun, saya tidak menemukan informasi lebih detail tentang Malam Suro tanpa judul dan Apakah Anda bisa memberikan informasi lebih detail tentang apa yang ingin Anda ketahui tentang Malam Suro?

Baca Juga  Kapan Skor Utbk Keluar

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *