Artikel Apa Itu Hernia Inguinalis viral

Apa Itu Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis adalah kondisi medis di mana jaringan atau organ internal, seperti usus, mendorong keluar melalui titik lemah di dinding perut. Titik lemah ini biasanya berada di area selangkangan, yang disebut kanal inguinal.

Hernia inguinalis lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Hal ini karena kanal inguinal pada pria lebih lebar untuk memungkinkan lewatnya testis.

Gejala hernia inguinalis yang paling umum adalah benjolan di selangkangan. Benjolan ini mungkin terasa sakit, terutama saat batuk, bersin, atau mengangkat benda berat.

Gejala lain dari hernia inguinalis meliputi:

  • Nyeri atau ketidaknyamanan di selangkangan
  • Sensasi terbakar atau kesemutan di selangkangan
  • Pembengkakan di selangkangan
  • Ketidaknyamanan saat berhubungan seks

Penyebab hernia inguinalis tidak diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini dapat disebabkan oleh:

  • Tekanan pada dinding perut, seperti yang disebabkan oleh kehamilan, batuk kronis, atau mengangkat benda berat
  • Kelemahan otot atau jaringan ikat di dinding perut
  • Trauma pada dinding perut

Dokter biasanya dapat mendiagnosis hernia inguinalis dengan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter akan memeriksa adanya benjolan di selangkangan dan menanyakan gejala yang dialami pasien.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan penunjang, seperti CT scan atau MRI, untuk memastikan diagnosis.

Hernia inguinalis biasanya diobati dengan operasi. Operasi dilakukan untuk mendorong jaringan atau organ internal kembali ke tempatnya dan memperkuat titik lemah di dinding perut.

Operasi hernia inguinalis dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • Operasi terbuka: Dokter membuat sayatan di selangkangan untuk memperbaiki hernia.
  • Operasi laparoskopi: Dokter membuat sayatan kecil di perut untuk memperbaiki hernia.
Baca Juga  Apa Itu E Kasih

Komplikasi hernia inguinalis yang paling serius adalah strangulasi. Strangulasi terjadi ketika jaringan atau organ internal yang terjebak di dalam hernia mengalami kekurangan aliran darah. Strangulasi merupakan keadaan darurat medis yang membutuhkan penanganan segera.

Hernia inguinalis yang kecil dan tidak menimbulkan gejala biasanya tidak berbahaya. Namun, hernia inguinalis yang besar atau menyebabkan gejala dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hernia inguinalis juga dapat menyebabkan komplikasi, seperti strangulasi.

Hernia inguinalis tidak bisa sembuh sendiri. Hernia inguinalis yang tidak diobati dapat semakin besar dan menyebabkan komplikasi.

Hernia inguinalis bisa terjadi berulang, bahkan setelah operasi. Hal ini karena titik lemah di dinding perut masih ada.

Tidak ada cara pasti untuk mencegah hernia inguinalis. Namun, Anda dapat mengurangi risiko terkena hernia inguinalis dengan:

  • Menjaga berat badan ideal
  • Tidak mengangkat benda berat secara tiba-tiba
  • Tidak batuk kronis

Jika Anda mengalami gejala hernia inguinalis, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosis.

WebHernia inguinalis adalah protrusi isi cavum abdomen melalui defek hernia di area inguinal. Hernia inguinalis dapat terjadi karena penyebab kongenital atau didapat.. WebGejala Hernia. Gejala hernia tergantung pada jenisnya. Berikut ini adalah jenis-jenis hernia dan keluhan yang menyertainya: 1. Hernia inguinalis. Hernia inguinalis paling sering. WebJaringan atau organ yang membentuk hernia berupa usus, lemak perut, atau indung telur. Kondisi ini tidak hanya berupa benjolan di selangkangan, melainkan. WebHernia inguinal strangulata. Hernia strangulata adalah kondisi gawat darurat medis, di mana aliran darah ke usus berkurang atau berhenti karena terjepit di celah. WebHernia inguinalis terjadi ketika usus atau lemak dari perut menonjol melalui dinding perut bagian bawah ke daerah inguinal, atau selangkangan. Akibatnya, timbul.

Baca Juga  Apa Itu Wesak
Apa Itu Hernia Inguinalis

Penyakit Hernia Inguinalis – Gejala, Penyebab, Pengobatan – Kompas.com – Source: Kompas Health

Apa Itu Hernia Inguinalis

Mengenal Hernia Inguinalis — BIMC Hospital Bali – Source: BIMC Hospital

Apa Itu Hernia Inguinalis

Penyakit akibat kerja (Hernia inguinalis) – Sintesa Trainindo – Source: Penyakit akibat kerja (Hernia inguinalis) – Sintesa Trainindo

Apa Itu Hernia Inguinalis, Apa itu Hernia, 10.23 MB, 07:27, 408,877, SB30Health, 2019-02-13T09:18:34.000000Z, 2, Penyakit Hernia Inguinalis – Gejala, Penyebab, Pengobatan – Kompas.com, Kompas Health, 500 x 750, jpg, , 3, apa-itu-hernia-inguinalis

Apa Itu Hernia Inguinalis. WebHernia inguinalis adalah kondisi yang terjadi ketika jaringan lunak dalam tubuh, biasanya sebagian dari usus, menonjol melalui melalui bagian yang lemah atau. WebPada kesempatan artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai hernia inguinalis. Hernia inguinalis atau biasa dikenal dengan istilah awam “turun berok” merupakan.

Apa Itu Hernia

Semoga Bermanfaat & Sehat Selalu ya Sobat Sehat
——————————————————
Instagram
instagram.com/tanyadrsung
instagram.com/sb30health

Linkedin
linkedin.com/in/doktersung

Dapatkan Tips Lainnya di Website :
sb30health.com
—————————————————-
For Business Inquiries : [email protected]

Penyakit Hernia Inguinalis – Gejala, Penyebab, Pengobatan – Kompas.com

Apa Itu Hernia Inguinalis, WebHernia inguinal strangulata. Hernia strangulata adalah kondisi gawat darurat medis, di mana aliran darah ke usus berkurang atau berhenti karena terjepit di celah. WebHernia inguinalis terjadi ketika usus atau lemak dari perut menonjol melalui dinding perut bagian bawah ke daerah inguinal, atau selangkangan. Akibatnya, timbul.

Apa itu Hernia

Apa itu Hernia

Source: Youtube.com

Kata Dokter Podcast | EP09: kenali Penyakit Hernia: Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Kata Dokter Podcast | EP09: kenali Penyakit Hernia: Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Source: Youtube.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *