Apa Saja Tiga Perubahan Redaksi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 mengalami tiga perubahan redaksi. Menurut Ensiklopedia Lengkap Sejarah Indonesia yang ditulis oleh Sudirman (2019:235), tiga perubahan pada teks proklamasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kata tempoh diganti menjadi tempo
2. Wakil-wakil bangsa Indonesia diganti dengan Atas nama Bangsa Indonesia
3. Lalu Djakarta 17-8-05 diubah menjadi Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05.

Apakah Anda memerlukan informasi lebih lanjut?
Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia telah mengalami tiga perubahan redaksi. Perubahan pertama terjadi pada kalimat pertama, diubah menjadi “Proklamasi! Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia” agar lebih jelas bahwa teks tersebut adalah sebuah proklamasi. Perubahan kedua terjadi pada kalimat ketiga, yaitu “Wakil rakyat Indonesia” diganti menjadi “Atas nama bangsa Indonesia” agar lebih mewakili seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan perubahan ketiga terjadi pada kalimat keempat, yaitu kata “tempoh” diubah menjadi “tempo” dan kata “berdiri sendiri” diubah menjadi “bersatu” .

Video terkait dengan Apa Saja Tiga Perubahan Redaksi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Diatas adalah Info seputar Apa Saja Tiga Perubahan Redaksi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang mana hal itu tengah viral saat ini di dunia maya maupun sarana lainya. sebagai penambah wawasan anda untuk lebih tahu tentang beraneka wawasan baru yang tersedia sekarang, segera simpan alamat link web site ini agar kedepan nya anda mampu menemukan dengan ringan topik lain yang idamkan anda ketahui. Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 perihal ini merupakan Info paling baru yang bisa kita hadirkan untuk anda, kami mau kamu suka bersama dengan Info yang udah kami sediakan. terima kasih

Baca Juga  Bagaimana Cara Membuat Grafik Pada Microsoft Excel

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *