Apa Itu Hernia Inguinal Baru

Apa Itu Hernia Inguinal

Hernia inguinal adalah kondisi di mana jaringan dalam perut, seperti usus, mendorong keluar melalui lubang di dinding perut bagian bawah. Lubang ini disebut inguinal canal, yang merupakan jalur yang memungkinkan testis turun dari perut ke skrotum pada pria.

Gejala hernia inguinal yang paling umum adalah benjolan di area selangkangan. Benjolan ini mungkin terasa lebih menonjol saat batuk, bersin, atau mengangkat benda berat. Gejala lain yang mungkin terjadi meliputi:

  • Nyeri atau ketidaknyamanan di area selangkangan
  • Sensasi terbakar di area selangkangan
  • Kelemahan di area selangkangan

Penyebab hernia inguinal tidak diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena hernia inguinal, yaitu:

  • Usia: Hernia inguinal lebih sering terjadi pada pria berusia 40 tahun ke atas.
  • Jenis kelamin: Hernia inguinal lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.
  • Riwayat keluarga: Jika Anda memiliki anggota keluarga yang menderita hernia inguinal, Anda memiliki risiko lebih tinggi untuk terkenanya.
  • Pekerjaan: Pekerjaan yang melibatkan mengangkat benda berat dapat meningkatkan risiko hernia inguinal.
  • Kondisi medis tertentu: Beberapa kondisi medis, seperti batuk kronis atau sembelit, dapat meningkatkan risiko hernia inguinal.

Dokter biasanya dapat mendiagnosis hernia inguinal dengan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter akan menekan area selangkangan untuk melihat apakah ada benjolan.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin juga melakukan tes pencitraan, seperti USG atau CT scan, untuk membantu mendiagnosis hernia inguinal.

Hernia inguinal biasanya dapat diobati dengan operasi. Operasi ini bertujuan untuk menutup lubang di dinding perut dan mengembalikan jaringan yang menonjol ke tempatnya.

Baca Juga  Definisi Hipertensi Etiologi sedang hangat

Operasi hernia inguinal biasanya dilakukan dengan bius lokal atau bius umum. Operasi ini dapat dilakukan secara terbuka atau laparoskopik.

Tidak ada cara pasti untuk mencegah hernia inguinal. Namun, Anda dapat mengurangi risiko terkena hernia inguinal dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Menjaga berat badan ideal
  • Menghindari mengangkat benda berat
  • Mengobati sembelit

Hernia inguinal biasanya tidak berbahaya. Namun, hernia inguinal dapat menjadi berbahaya jika jaringan yang menonjol tersumbat atau terjepit. Kondisi ini disebut strangulated hernia, yang dapat menyebabkan jaringan yang tersumbat mati.

Hernia inguinal tidak dapat sembuh sendiri. Hernia inguinal biasanya membutuhkan operasi untuk diobati.

Waktu pemulihan dari operasi hernia inguinal biasanya sekitar 4-6 minggu.

Komplikasi yang mungkin terjadi setelah operasi hernia inguinal meliputi:

  • Infeksi
  • Nyeri
  • Perdarahan
  • Penyempitan saluran inguinal

Jika Anda mengalami gejala hernia inguinal, Anda harus menemui dokter. Dokter akan membantu Anda menentukan apakah Anda membutuhkan operasi.

WebPenyebab hernia inguinalis, atau hernia lipat paha, biasanya dibedakan berdasarkan jenisnya. Penyakit ini bahkan dapat muncul sejak bayi berusia 1 tahun. WebHernia inguinalis adalah protrusi isi cavum abdomen melalui defek hernia di area inguinal. Hernia inguinalis dapat terjadi karena penyebab kongenital atau didapat.. WebHernia inguinalis terjadi ketika usus atau lemak dari perut menonjol melalui dinding perut bagian bawah ke daerah inguinal, atau selangkangan. Akibatnya, timbul. WebJaringan atau organ yang membentuk hernia berupa usus, lemak perut, atau indung telur. Kondisi ini tidak hanya berupa benjolan di selangkangan, melainkan. WebHernia inkarserata Hernia inkarserata adalah kondisi ketika usus terjebak di dinding perut sehingga memicu nyeri hebat, mual, muntah, dan sulit buang air besar. Hernia. WebHernia inguinal adalah kondisi turunnya isi rongga perut (usus, lemak, dan lain-lain) ke area inguinal atau selangkangan. Di Indonesia, kondisi ini lebih dikenal.

Baca Juga  Apa Itu Chatgpt
Apa Itu Hernia Inguinal

Penyakit Hernia Inguinalis – Gejala, Penyebab, Pengobatan – Kompas.com – Source: Kompas Health

Apa Itu Hernia Inguinal

Mengenal Hernia Inguinalis — BIMC Hospital Bali – Source: BIMC Hospital

Apa Itu Hernia Inguinal

Penyakit akibat kerja (Hernia inguinalis) – Sintesa Trainindo – Source: Penyakit akibat kerja (Hernia inguinalis) – Sintesa Trainindo

Apa Itu Hernia Inguinal, Apa itu Hernia, 10.23 MB, 07:27, 408,877, SB30Health, 2019-02-13T09:18:34.000000Z, 2, Penyakit Hernia Inguinalis – Gejala, Penyebab, Pengobatan – Kompas.com, Kompas Health, 500 x 750, jpg, , 3, apa-itu-hernia-inguinal

Apa Itu Hernia Inguinal. Web1. Hernia inguinalis tidak langsung. Kondisi ini terjadi ketika terdapat bukaan pada saluran inguinalis. Saluran inguinalis merupakan tempat bagi testis, saluran. WebHernia inguinalis adalah kelainan berupa penonjolan organ tubuh bagian dalam akibat adanya celah abnormal pada dinding perut bagian bawah kanan atau kiri di dekat.

Apa Itu Hernia

Semoga Bermanfaat & Sehat Selalu ya Sobat Sehat
——————————————————
Instagram
instagram.com/tanyadrsung
instagram.com/sb30health

Linkedin
linkedin.com/in/doktersung

Dapatkan Tips Lainnya di Website :
sb30health.com
—————————————————-
For Business Inquiries : [email protected]

Penyakit Hernia Inguinalis – Gejala, Penyebab, Pengobatan – Kompas.com

Apa Itu Hernia Inguinal, WebJaringan atau organ yang membentuk hernia berupa usus, lemak perut, atau indung telur. Kondisi ini tidak hanya berupa benjolan di selangkangan, melainkan. WebHernia inkarserata Hernia inkarserata adalah kondisi ketika usus terjebak di dinding perut sehingga memicu nyeri hebat, mual, muntah, dan sulit buang air besar. Hernia. WebHernia inguinal adalah kondisi turunnya isi rongga perut (usus, lemak, dan lain-lain) ke area inguinal atau selangkangan. Di Indonesia, kondisi ini lebih dikenal.

Apa itu Hernia

Apa itu Hernia

Source: Youtube.com

Shocking Hernia Repair 😱 #shorts

Shocking Hernia Repair 😱 #shorts

Source: Youtube.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *